INI DIA MANFAAT MINYAK ALPUKAT YANG BELUM BANYAK DIKETAHUI

Beberapa jenis minyak sehat seperti minyak wijen, minyak zaitun, miyak nabati memang saat ini sudah mulai menjadi pilihan bagi beberapa orang, untuk menunjang dalam penyajian menu santapan sehat mereka.

Namun, selain beberapa jenis minyak sehat diatas, ternyata ada lagi satu jenis minyak sehat yang memiliki manfaat hebat, yaitu minyak alpukat. Dibalik kekurangpopulerannya, minyak alpukat ternyata menyimpan segudang manfaat baik bagi tubuh. Simak ulasan berikut untuk mengetahui berbagai manfaat baik dari minyak alpukat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan.

Meskipun minyak alpukat 90% mengandung lemak, namun justru baik dalam membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada minyak alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal sendiri dapat menggantikan sumber lemak jenuh yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan sehingga sangat baik bagi anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

  1. Menurunkan Tekanan Darah.

Dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, minyak alpukat ternyata sangatlah efektif dalam menurunkan dan mengendalikan tekanan darah. Hal ini dikerenakan minyak alpukat mengandung asam lemak tertentu, yang dapat mengatur reaksi asam lemak dalam ginjal. Sehingga nantinya akan menimbulkan perubahan kadar hormon, yang membantu mengendalikan tekanan darah serta mengubah komposisi asam lemak di hati. Bagi anda yang mengidap hipertensi atau tekanan darah tinggi sangat dianjurkan mengkonsumsi minyak alpukat secara teratur untuk membantu anda menjaga tekanan darah tetap normal.

  1. Dapat Melindungi Jantung.

Yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan masyarakat adalah bahwa minyak alpukat dapat berguna untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Minyak alpukat yang diproduksi dengan tekanan dingin akan memiliki tingkat keasaman dan oksidasi yang rendah, serta sangat tinggi kandungan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga minyak alpukat tentu akan lebih baik bagi jantung. Menggunakan minyak alpukat dalam hidangan sehari-hari akan dapat menjaga kesehatan kardiovaskular atau jantung anda, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit, seperti serangan jantung, dan juga gagal jantung.

  1. Membantu Menyembuhkan Arthritis (Radang Sendi).

Manfaat hebat lainnya minyak alpukat yang belum umum diketahui adalah bahwa ekstrak alami yang terbuat dari minyak alpukat sangat baik untuk memperlambat perkembangan osteoarthritis. Ekstrak dari minyak alpukat ini banyak digunakan dalam perawatan arthritis atau sering disebut dengan radang sendi, baik pada lutut ataupun pinggul. Selain itu minyak alpukat juga digunakan sebagai obat anti-inflamasi.

  1. Baik Untuk Gigi Dan Gusi.

Biasanya ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gula makan akan menimbulkan masalah pada gigi dan gusi. Namun dengan menggunakan campuran antara minyak alpukat dan minyak kedelai, maka akan dapat membantu penyakit periodontal ini. Hal tersebut dikarenakan minyak alpukat menghambat molekul sitokin yang menjadi penyebab timbulnya peradangan.

Nah ternyata banyak sekali manfaat dari minyak alpukat ya! Meskipun masih kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia, namun anda sekarang bisa untuk mulai menggunkannya dikarenakan berbagai manfaat-manfaat hebat yang terkandung di dalamnya. Selamat mencoba!



LEAVE A COMMENT