INI DIA MAKANAN KHAS SUKOHARJO YANG BIKIN KETAGIHAN krasikan

INI DIA MAKANAN KHAS SUKOHARJO YANG BIKIN KETAGIHAN

Kabupaten Sukoharjo, merupakan daerah yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Berada di sebelah selatan Kota Solo, dan dulunya merupakan salah satu wilayah dari karesidenan Surakarta. Kabupaten yang memiliki slogan “Sukoharjo Makmur” dan dipimpin oleh Bupati Wardoyo Wijaya ini, mempunyai banyak tempat kuliner yang tak kalah enaknya dengan kuliner-kuliner di kota lain. Ini dia makanan-makanan khas Sukoharjo yang bikin kamu ketagihan.

Krasikan & Jenang Dodol.

INI DIA MAKANAN KHAS SUKOHARJO YANG BIKIN KETAGIHAN krasikan

Krasikan dan jenang dodol banyak dijumpai dan dijual di Desa Tangkisan, Kecamatan Tawangsari. Jenang dodol adalah makanan yang terbuat dari ketan dan rasanya manis. Cara produksinya, juga masih menggunakan cara tradisional, dan sebagian besar merupakan industri rumahan masyarakat setempat.

Alakathak

INI DIA MAKANAN KHAS SUKOHARJO YANG BIKIN KETAGIHAN alakathak

Nama penganan tradisional ini terdengar asing di telinga masyarakat Sukoharjo. Sebenarnya, alakathak adalah kuliner dari Kecamatan Weru. Alakathak terbuat dari tempe berbahan koro benguk dan mie yang dibuat dari tepung kanji. Kedua bahan itu dibungkus dengan daun jati yang masih hijau. Alakathak dijual di pasar-pasar tradional di Weru dan sekitarnya. Alakathak sangat enak dimakan bersama cabai. Dengan harga Rp 500 kamu sudah dapat menikmati 1 bungkus yang isinya dua buah tempe dan mie.

Gempol Pleret

INI DIA MAKANAN KHAS SUKOHARJO YANG BIKIN KETAGIHAN gempol pleret

Gempol pleret merupakan minuman khas Sukoharjo yang berbahan dasar tepung beras yang dibuat bulat-bulat, disajikan dengan menambah gula aren/kelapa dan es batu yang akan menambah rasa segar. Gempol pleret banyak dijual di Desa Wirun Kecamatan Mojolaban.

 

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT