Ini Dia Langkah Sederhana Pasang Wallpaper Sendiri

Wallpaper bisa menyulap ruangan yang biasa-biasa aja menjadi luar biasa. Memasang wallpaper di dinding butuh ketelitian dan juga kesabaran yang tinggi. Nggak heran hampir semua orang mempercayakan pada ahlinya. Tapi kamu juga bisa lho pasang wallpaper sendiri. Yuk, ikuti dulu langkah-langkahnya!

Persiapan Alat

Hal yang pertama yang dilakukan adalah mempersiapkan alat-alatnya. Ini dia alat-alat yang wajib ada!  Alas plastik, tangga, cutter, pensil, penggaris dan meteran, benang dengan pemberat, lem wallpaper, bak untuk adukan lem, spons, kuas lem, roller, amplas, dan kape untuk meratakan dinding

Lem

Buat pasang wallpaper kamu butuh dua adukan lem khusus wallpaper yang berbeda kekentalannya. Lem pertama tidak terlalu kental karena digunakan untuk bagian bagian tengah wallpaper. Lem kedua untuk bagian sambungan, sehingga membutuhkan lem yang kental agar daya rekatnya tinggi.

Pengukuran

Ini yang paling penting saat mau pasang wallpaper. Sebelum ditempeli, kamu harus mengukur dinding yang akan ditempeli wallpaper dahulu. Sebaiknya lebihkan sedikit kira-kira 1-1,5 cm untuk bagian sambungannya.

Pemotongan

Karena wallpaper berbentuk gulungan, kamu perlu memotong wallpaper menjadi beberapa panel.  Jangan lupa sesuaikan dengan ukuran dinding yang sudah diukur sebelumnya ya! Untuk pemasangannya bisa melihat petunjuk pemasangan pada kertas keterangan yang ada pada setiap kemasan. Biasanya keterangan ini menjelaskan cara menggabungkan motif antarpanel atau potongan wallpaper.

Posisi Wallpaper

Kamu perlu memperhatikan posisinya, jangan sampai wallpaper yang kamu pasang mencong-mencong alias nggak lurus. Kamu bisa mengatasinya dengan menandai posisi wallpaper dengan pensil atau menggunakan benang dengan alat pemberat agar lebih lurus dan rapi.

Melapisi dengan Lem

Saatnya mengelem wallpaper! Lapisi wallpaper dengan lem dan ratakan lem. Lakukan perlahan-lahan ya! Sebaiknya kamu menggunakan roller biar lebih rapi dan rata.

Menyambung Wallpaper

Nah waktu proses penyambungan wallpaper, kita menggunakan lem yang lebih kental. Sapukan dengan kuas khusus pada bagian sambungan biar lebih rapi. Perhatikan saat menggabungkan motif antarpanelnya ya.

Ratakan Wallpaper

Yang terakhir kamu harus meratakan wallpaper yang telah terpasang dengan penggaris aklirik agar tidak bergelombang. Jika ada sisa wallpaper potonglah dengan cutter. Gunakan spons untuk menyerap kelebihan lem.

 

Itu tadi langkah-langkah sederhana pasang wallpaper sendiri. Sekarang kamu bisa sulap ruangan kamu jadi lebih eksklusif dan lebih bewarna!