INI DIA BEBERAPA KANDUNGAN SEHAT DI DALAM NASI SELAIN KARBOHIDRAT

Seperti yang diketahui, nasi merupakan makanan pokok bagi sejumlah negara di dunia, termasuk di Indonesia. Maka dari itu, nasi biasanya akan selalu ada dalam setiap menu sajian. Bahkan banyak dari orang Indonesia mengatakan bahwa  belum makan apabila belum makan nasi. Kandungan pada nasi yang paling masyarakat kenal biasanya adalah karbohidrat. Karbohidrat sendiri memiliki manfaat sebagai sumber energi pada tubuh. Namun, tahukah anda bahwa nasi ternyata juga memiliki banyak kandungan zat yang sehat bagi tubuh? Lalu apa saja kira-kira? Simak ulasan berikut.

  1. Antioksidan.

Kandungan utama pada nasi memang karbohidrat, sehingga tak heran jika kadar karbohidrat yang ada pada nasi sangatlah tinggi. Selain kadar karbohidrat, nasi juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna bagi tubuh. Antioksidan sendiri memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada pada tubuh manusia. Akan tetapi dibandingkan dengan nasi  putih kandungan antioksidan yang ada pada nasi merah memang cenderung lebih banyak. Zat asam fitat merupakan salah satu jenis antioksidan yang terdapat pada nasi merah, sehingga secara umum nasi merah lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Serat.

Untuk kandungan serat yang ada pada nasi memang berbeda-beda tergantung dari jenis nasi tersebut & sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa nasi merah lebih mempunyai banyak serat jika dibandingkan dengan nasi putih biasa. Nasi merah, mengandung 1,8% serat, sedangkan ansi putih hanya 0,3% saja. Artinya, dalam satu cup nasi merah mengandung 3,5 gram serat. Untuk mendapatkan serat yang lebih baik pada nasi putih, biasanya nasi putih tersebut dapat dicampur dengan biji-bijian jenis lain ketika memasaknya. Nasi yang dicampur dengan biji-bijian tersebut  cocok dan dianjurkan bagi anda yang sedang melakukan diet.

  1. Vitamin dan Mineral.

Lagi-lagi jenis nasi merah lebih memiliki keunggulan dibandingan dengan nasi putih. Karena, kandungan vitamin serta mineral yang ada pada nasi merah sangat banyak. Beberapa kandungan vitamin dan mineral yang ada antaralain seperti mangan, selenium, tiamin, niasin, magnesium, dan tembaga. Tiamin sendiri merupakan vitamin B yang dapat membantu metabolisme karbohidrat. Kemudian magnesium berperan dalam ratusan reaksi enzim yang terlibat dalam sintesis DNA dan kandungan mangan dapat membantu metabolisme karbohidrat dan protein.

Agar kebutuhan energi dan gizi yang seimbang terpenuhi, tidak hanya dapat diperoleh dari nasi putih saja. Tubuh memerlukan asupan gizi lain yang bisa didapat dari buah, sayur, atau sumber makanan hewani seperti ikan, telur, daging, dan susu. Hal tersebut tentu berguna untuk mendapatkan manfaat nutrisi yang optimal bagi tubuh. Semoga bermanfaat.