Ini Dia Alasan Mengapa Coklat Identik Dengan Hari Valentine

Tanggal 14 Februari memang dikenal dengan hari kasih sayang atau sering disebut dengan Valentine’s Day. Selain identik dengan segala pernak pernik berwarna pink, bentuk hati dan bunga, salah satu icon menarik di hari Valentine adalah coklat. Menjelang dan selama Valentine, aneka produk coklat memang laris diburu karena banyak orang yang saling bertukar hadiah dan memberi cokelat untuk orang-orang terkasih. Lalu apa yang membuat hari Valentine identik dengan coklat?

Ternyata coklat sendiri mempunyai sejarah panjang sebelum mendapatkan predikat sebagai salah satu ikon di Hari Kasih Sayang. Sebelum dijadikan hadiah bagi orang terkasih saat hari Valentine, coklat ternyata juga sudah dijadikan sebagai alat pembayaran setara dengan emas bagi suku Aztec di Meksiko. Pada saat itu, coklat juga jadi pilihan hadiah mewah yang sering diberikan di kalangan kaum Aztec dan Maya kelas atas. Setelah tersebar ke daerah Eropa, cokelat pun jadi makanan yang sangat populer. Bahkan pamor gerai-gerai coklat di sana mengalahkan popularitas kedai kopi.

Sementara itu, hari Valentine sendiri muncul di era Victoria. Saat itu bangsawan Inggris sepakat untuk memberikan satu hari khusus kasih sayang yaitu untuk menghormati pemuka agama bernama Valentine. Beberapa waktu kemudian, para kesatria banyak yang melakukan tradisi memberikan hadiah kepada kekasihnya yaitu bunga mawar, lagu, dan juga puisi. Dan di era Victoria Queen bertahta, tepatnya sejak tahun 1837, momen Valentine pun menjadi lebih komersial karena tradisi memberi hadiah selalu dilakukan di hari itu. Sekitar 1861, Richard Cadbury, banyak melakukan inovasi dalam pemasaran coklat yang kita kenal seperti sekarang.

Melihat peluang dari momen Valentine, Cadbury pun mulai memproduksi coklat batang di dalam kotak yang dihias gambar Cupid berbentuk hati. Dalam waktu singkat coklat menjadi hadiah bagi para pasangan kekasih untuk mengekspresikan rasa cinta mereka. Selain dari sejarah itu, cokelat pun punya banyak manfaat yang membuat makanan hitam satu ini punya daya tarik tersendiri. Kandungan Theobromine di dalamnya mampu meningkatkan aliran darah serta meningkatkan serotonin, hormon yang memengaruhi perasaan bahagia seseorang. Jadi bermula dari situlah coklat bisa dengan cepat merebut hati masyarakat dan menjadikannya sebagai ikon hari Valentine.

Nah.. ternyata adanya coklat sebagai ikon di hari valentine mempunyai sejarah yang cukup panjang ya. Selain memiliki rasa yang manis dan enak, kita pun juga dapat mengungkapkan perasaan lewat berbagai jenis coklat yang ada saat ini seperti di moment hari valentine. Happy valentine.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT