INI DIA 5 MENU MAKANAN KHAS PACITAN YANG WAJIB KAMU COBAj

INI DIA 5 MENU MAKANAN KHAS PACITAN YANG WAJIB KAMU COBA

Pernahkah kalian berwisata ke daerah Pacitan? Daerah ini terletak diujung barat daya provinsi Jawa Timur. Selain wisata pantai yang banyak dikenal oleh sebagian besar orang, Pacitan juga merupakan surga kuliner. Rasa khas yang siap bikin kamu nagih pastinya. Ini dia 5 menu makanan khas Pacitan yang wajib kamu coba :

  1. Nasi Tiwul Khas Pacitan.

Nasi tiwul merupakan makanan yang berbahan dasar gaplek. Gaplek adalah singkong yang telah dikeringkan. Nasi tiwul ini telah menjadi makanan favorit di daerah ini. Selain rasanya yang khas, cara menghidangkannya biasanya dilengkapi dengan urap dan ikan laut bakar dengan tambahan sambal yang bakal menggoyah lidahmu dan bikin ketagihan.

  1. Tahu Tuna Khas Pacitan.

Tahu tuna ini adalah salah satu jajanan sekaligus pendamping makan khas Pacitan. Memang menu jajanan satu ini banyak sekali ditemukan di berbagai daerah, namun tahu tuna khas Pacitan ini memiliki rasa khas yang dari ikan Tuna yang diselipkan dibagian tengah tahu. Rasa gurih,empuk, dan lezat.

  1. Punten Ketan.

Punten merupakan menu makanan berbahan dasar beras yang diaron dengan santan dan ditumbuk halus kemudian dipotong berbentuk kotak-kotak. Biasanya punten dinikmati dengan cara dicolekkan sambal terasi.  Unik sekali kan? untuk rasa tidak perlu ditanya lagi, bakalan bikin kamu pengen nambah terus.

  1. Kupat Tahu khas Pacitan.

Kupat tahu ini terdiri dari potongan-potongan kupat yang di lengkapi dengan tahu, taburan kacang, tauge, seledri, dan kubis. Dan juga taburan kacang goreng  dan kerupuk diatasnya. Disiram dengan kuah kecap yang khas.

  1. Sayur Kalakan.

Makanan ini menjadi salah satu wisata kuliner dan juga menjadi ciri makanan khas kabupaten Pacitan, Sudah pernah mencicipi sayur kalakan? Sayur Kalakan ini memiliki bahan dasar yaitu ikan kelong atau yang biasa kita sebut dengan nama ikan “Hiu”, dan untuk penyajiannya adalah dengan menambahkan saus santan yang memiliki rasa pedas. Makanan ini biasanya sebagai pelengkap Nasi Tiwul.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT