How to Fix a Broken Heart

Bayangkan jika kita memperlakukan hati yang hancur dengan rasa hormat dan perhatian yang sama dengan yang kita miliki untuk lengan yang patah! Psikolog Guy Winch memikirkan kembali cara kita menghadapi rasa sakit emosional, menawarkan nasihat yang hangat, bijak, dan jenaka untuk yang patah hati.

Patah hati itu nyata. Tidak bisa memikirkan hal lain lagi. Tidak merasakan apa pun. Tidak peduli tentang hal lain. Namun, kita tidak akan bisa mengharapkan seseorang untuk kembali kepada kita segera setelah patah, orang yang patah hati diharapkan bisa menjalani kehidupan normal mereka, terlepas dari rasa sakit emosional yang mereka rasakan. Guy Winch membayangkan betapa berbedanya hal-hal yang akan terjadi jika kita lebih memperhatikan emosi yang unik ini — jika saja kita dapat memahami cara kerja patah hati, kita dapat mulai memperbaikinya.

Melalui penelitian yang menarik dan studi ilmiah baru, Winch mengungkapkan bagaimana dan mengapa patah hati berdampak pada otak dan perilaku kita dengan cara yang dramatis dan tidak terduga, terlepas dari usia kita. Nyeri emosional menurunkan kemampuan kita untuk berpikir, berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan berfungsi dengan sebaik-baiknya. Dalam How to Fix a Broken Heart, ia berfokus pada dua jenis rasa sakit emosional — patah hati yang diakibatkan oleh hilangnya seseorang/hewan peliharaan yang disayangi. Pengalaman ini sama-sama disertai dengan respons kesedihan yang parah, namun mereka tidak dianggap sama pentingnya dengan, misalnya, perceraian formal atau kehilangan kerabat dekat. Akibatnya, kita sering kehilangan pengakuan, dukungan, dan kasih sayang yang diberikan kepada mereka yang patah hati dianggap lebih signifikan.

Hati kita mungkin hancur, tetapi kita tidak harus menghancurkannya. Winch mengungkapkan bahwa pemulihan dari patah hati selalu dimulai dengan keputusan, tekad untuk melanjutkan ketika pikiran kita berjuang untuk membuat kita terjebak. Kita dapat mengendalikan hidup dan pikiran kita dan menempatkan diri kita pada jalan menuju penyembuhan. Winch menawarkan toolkit tentang cara menangani dan mengatasi patah hati dan bagaimana, pada akhirnya, melanjutkan.
Mau baca buku ini lebih detail? Kuy, ke gramedia Hartono Mall Solo.