HOBBY FOTO? JANGAN LUPA MAMPIR KE ALAS KARET POLOKARTO SUKOHARJO

Alas dalam Bahasa Jawa artinya Hutan, Alas Karet atau yang sering disebut Alaska merupakan hutan karet. Hutan Karet tersebut berada di Desa Polokarto, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo. Hutan karet itu merupakan milik Perseroan Terbatas Perkebunan Negara (PTPN) IX. Lahan perkebunan karet di Polokarto seluas 48,32 hektare dengan jumlah tanaman karet sebanyak 26.820 pohon. Warga setempat memberi nama perkebunan karet itu Alaska yang berasal dari akronim Alas dan Karet.

Akronim itu berasal dari Bahasa Jawa yang bermakna hutan karet.Ribuan pohon karet yang ada di areal hutan ini dan sinar matahari yang tembus dari celah-celah daun pohon karet akan menjadikan komposisi Foto menjadi semakin menarik dan estetik. Alas Karet ini juga sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda sekitar Sukoharjo untuk menikmati waktu senja bersama teman-teman dekat.

Komposisi pepohonan karet yang berjajar rapi, sinar matahari yang masuk melalui celah pepohonan menjadikan Alas Karet ini tempat foto terbaik. Banyak fotografer-fotografer handal yang sengaja datang kemari untuk mengambil foto terbaik mereka. Bahkan tidak jarang fotografer tersebut berasal dari luar daerah Sukoharjo.

Lokasi Alas Karet ini masih aktif dan setiap pagi para petani karet masih melakukan kegiatannya yaitu melakukan menyadap getah karet. Aktivitas ini juga sering dijadikan obyek fotografi oleh beberapa pencita fotografi. Jika kalian ingin mendapatkan momen para petani melakukan penyadapan getah karet datanglah sebelum matahari terbit.

Alas Karet ini terletak sedikit di pinggir wilayah Sukoharjo. Untuk mencapainya kurang lebih membutuhakan waktu 30 menit dari pusat kota Sukoharjo. Pertama dari pusat kota kalian harus menuju ke arah Kecamatan Polokarto terlebih dahulu. Ketika sampai di pertigaan Pasar Glondongan, kalian bisa belok ke kanan atau mengikuti papan petunjuk menuju alas karet. Tenang, akses jalan menuju alas karet ini cukup mudah.

Biaya masuk ke hutan karet ini adalah 0 rupiah alias gratis, menarik kan? Jadi bagi kamu yang hobi fotografi, mencari referensi foto prewedding atau hanya sekedar mencari bahan foto untuk upload di Instagram, buruan datang ke Alas Karet Polokarto Sukoharjo.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT