Hindari Kesalahan Ini Agar Kondisi Keuangan Tidak Mudah Berantakan

Meski mempunyai penghasilan yang cukup besar, pasti ada sebagian sahabat Hartono Mall Solo yang tetap merasa kekurangan. Kasus seperti ini biasanya disebabkan oleh sistem pengaturan keuangan yang tidak tepat dan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Untuk itu, kesalahan tersebut harus dihindari agar kondisi keuangan dapat kembali sehat dan tidak mudah berantakan lagi.

Tidak membuat perencanaan keuangan

Baik memiliki pendapatkan kecil atau besar, setiap orang harus memiliki perencanaan keuangan sebaik mungkin. Melalui perencanaan yang diatur dengan rapi, maka resiko pemborosan dapat dihilangkan atau minimal dikurangi.

Selama ini banyak orang yang kehabisan uang, namun tidak tahu kemana atau dipakai untuk apa hingga uang tersebut cepat habis. Karena itu setiap ada pengeluaran, harus dibuatkan catatan dan direncanakan sebelumnya. Sehingga pada bulan berikutnya ada kebutuhan yang bisa ditahan lebih dulu agar tidak ada pemborosan.

Tidak memiliki target dan tujuan hidup

Tanpa punya target dan tujuan hidup yang jelas, kemungkinan besar sahabat Hartono Mall Solo pasti lebih sering menghadapi masalah finansial. Untuk itu, buatlah daftar target atau keinginan yang akan dituju pada kurus waktu tertentu. Misalnya 3 tahun ke depan, 5 tahun dan seterusnya.

Contohnya rencana untuk traveling, membangun rumah, melanjutkan pendidikan atau menjalani pernikahan dan sebagainya. Melalui perencanaan yang matang maka ketika mendapat penghasilan rutin dan tambahan, dapat ditabung untuk memuluskan semua rencana tersebut.

Malas menabung dan menyediakan dana darurat

Kesalahan berikutnya yang sering menimbulkan masalah keuangan yaitu tidak punya keinginan untuk menabung dan menyediakan dana darurat. Diantara sahabat Hartono Mall Solo pasti ada yang pernah mengalami tiba-tiba jatuh sakit dan perlu biaya tinggi untuk penyembuhannya.

Pada saat yang bersamaan, ternyata tidak ada simpanan uang yang mencukupi untuk memenuhi tersebut. Akibatnya, kondisi keuangan jadi semakin terguncang. Jadi tidak ada pilihan lain, agar tidak memperoleh masalah seperti ini lagi harus rajin menabung dan selalu berusaha menyediakan dana darurat.

Suka berhutang

Bukan merupakan sebuah kesalahan jika sahabat Hartono Mall Solo memiliki hutang. Karena bagaimanapun juga, ketika ingin memiliki suatu barang yang harganya sangat mahal, hutang merupakan salah satu jalan terbaik jika tidak punya uang cash.

Hanya saja yang sering menjadi masalah adalah, ketika hutangnya menumpuk hingga jumlah angsurannya mencapai lebih dari 30% dari penghasilan yang diterima. Apalagi jika bunganya terlalu tinggi. Agar tidak menimbulkan goncangan keuangan, maksimal hutang yang boleh dilakukan memang hanya 30% saja dari jumlah penghasilan.

Selanjutnya jika sahabat Hartono Mall Solo sedang memiliki keinginan untuk belanja, pilih pusat perbelanjaan yang dapat menyediakan semua kebutuhan dalam satu waktu dan satu tempat saja. Tujuannya agar pengeluaran anggaran bisa semakin dihemat dan tidak banyak makan waktu.



LEAVE A COMMENT