HINDARI 6 BAHAN KIMIA INI KETIKA MEMBELI MAKE UP

Bagi kaum hawa belanja makeup merupakan salah satu hal yang penting, terutama demi menunjang penampilan wajah agar nampak cantik dan menarik. Namun, ketika anda berbelanja produk-produk kecantikan haruslah berhati-hati! Karena, tak jarang beberapa produk kecantikan memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh, apabila digunakan dalam jangka panjang. Untuk itu, ini dia beberapa bahan kimia yang perlu anda hindari ketika berbelanja make up!

  1. Petroleum Distillates.

Petroleum Distillates biasanya terdapat pada produk maskara. Menurut beberapa penelitian, bahan-bahan yang diekstrak dari minyak bumi ini dapat menyebabkan meningkatnya risiko kanker. Hal ini dikarenakan petroleum distillates diproduksi pada saat yang sama di kilang minyak bersamaan seperti bahan bakar mobil, minyak pemanas dan bahan baku kimia lainnya.

  1. Parabens.

Parabens memang sudah sejak lama digunakan sebagai pengawet kimia untuk berbagai produk perawatan tubuh dan wajah seperti produk body lotion, pelembap, shampo, dan foundation. Beberapa penelitian mengungkapkan, paparan paraben dalam jumlah besar dan waktu yang lama dapat menyebabkan kanker payudara.

  1. Formaldehyde.

Di Indonesia, zat ini lebih dikenal dengan sebutan formalin. Zat ini biasanya terdapat pada produk cat kuku, perekat bulu mata, pewarna rambut dan produk pelurus rambut. Penggunaan formalin dalam jangka pendek dapat menyebabkan iritasi di kulit, kesulitan bernapas, mata berair, dan rasa terbakar di rongga hidung ketika dihirup. Kemudian mulai tahun 2004 lalu, formaldehyde sudah dinyatakan sebagai zat karsinogen atau zat penyebab kanker.

  1. Phthalate.

Umumnya phthalate miliki tekstur asli seperti minyak, zat ini berfungsi sebagai campuran produk. Biasa terdapat pada cat kuku, pelembap, shampo, hair spray, dan deodoran. Phthalate memang selalu masuk dalam daftar komposisi bahan yang berbahaya dikarenakan dapat memicu kanker payudara serta buruknya proses reproduksi dan hormon bagi pria dan wanita.

  1. Fragrance.

Fragrance merupakan zat yang paling umum dan sering terdapat pada berbagai produk make up. Dalam komposisi produk zat ini sering ditulis sebagai perfume atau fragranc. Fragrance terbuat dari campuran ratusan bahan kimia yang bisa merusak kondisi kulit dan tubuh, semakin wangi suatu produk, maka zat kimianya semakin tinggi..

  1. Merkuri.

Kandungan zat merkuri biasa digunakan dalam make up yang memiliki manfaat untuk memutihkan kulit. Merkuri termasuk kedalam gologan logam berat, sehingga berbahaya dan bisa menyebabkan keracunan, kerusakan permanen pada syaraf dan gangguan pada tubuh lainnya. Kemudian pada saat pemakainnya, biasanya pengguna make up dengan kandungan merkuri akan rentan mengalami iritasi kulit, alergi, dan diare.

Itu dia beberapa bahan kimia yang perlu anda hindari ketika ingin membeli make up. So, mulai cek kandungan bahan di make up anda dari sekarang ya! Jangan sampai kesehatan anda menjadi korban hanya karena ingin tampil cantik.