HIMAPSI FK UNS AJAK MASYARAKAT UNTUK PEDULI KESEHATAN MENTAL LEWAT ARCHETYPE

Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMAPSI) 2017 FK UNS, bekerjasama dengan Hartono Mall Solo mempersembahkan Archetype. Archetype merupakan singkatan dari A Real Action of Mental Health with Psychology Euphoria. Acara ini digelar, dalam rangka merayakan hari kesehatan mental dunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober.

Bertemakan “Upstanding Smile for The Worthiest Life”, acara ini mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat, dalam memanajemen stress untuk memberi pengaruh positif bagi diri dan lingkungan. Salah satunya  dengan senyum, karena dengan senyum merupakan salah satu cara untuk menghilangkan depresi dan stress.

Serangkaian kegiatan turut memeriahkan acara yang digelar pada tanggal 15 Oktober 2017 ini. Diantaranya performance dari mahasiswa Psikologi FK UNS seperti akustik, saxophone, serta performance dance. Untuk lomba mewarnai diikuti oleh anak-anak TK A-B hingga usia 7 tahun. Untuk juara pertama diraih oleh Allyna Sukma, juara kedua diraih oleh Aviva Salsabila, dan juara ketiga diraih oleh Syifa Rizqiana.

Sedangkan lomba dance diikuti oleh peserta dari Solo-Jogja. Juara pertama diraih oleh Magnificent, juara kedua diraih oleh Black Voodoo, dan juara ketiga diraih oleh 4Horsemen.  Selain itu dalam acara ini, pengunjung juga bebas berkonsultasi masalah pribadi dengan dosen-dosen psikologi UNS lewat konsultasi gratis yang telah disediakan.

Ada juga talkshow dengan Psikolog asal Jogja, Analisa Widyaningrum yang juga CEO @apdcindonesia. Dalam talkshow ini, Analisa membawakan tema “Peduli Depresi, Peduli Kesehatan Mental”. Acara ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis charity untuk Kampung Schizophrenia di Ponorogo dan Flashmob oleh panitia.

Sebelumnya, acara Archetype juga menggelar 3on3 Basketball Competition pada tanggal 13 Oktober 2017 untuk babak penyisihan, dan tanggal 14 Oktober 2017 untuk babak final. Pertandingan basket 3on3 ini diikuti oleh peserta dari mahasiswa-mahasiswi aktif perguruan tinggi di wilayah Jogja, Solo, Semarang, dan sekitarnya. Selain pertandingan basket 3on3, ada juga 3 point competition. Pertandingan ini memperebutkan hadiah hingga jutaan rupiah.



LEAVE A COMMENT