HEBATNYA MANFAAT MINUM AIR PUTIH BAGI KESEHATAN

Air merupakan komponen utama tubuh manusia. 55-78% jaringan tubuh kita terdiri dari air. Meskipun demikian, bagi kebahyakan orang meminum air putih kurang menjadi pilihan dibandingkan dengan jenis minuman lainnya. Padahal, jika kita mengetahuinya ternyata banyak sekali manfaat hebat air putih bagi kesehatan tubuh. Apa saja kira-kira manfaatnya? Simak ulasan berikut!

  1. Menambah Tenaga & Memulihkan Stamina.

Seperti yang kita ketahui sel-sel dalam tubuh memerlukan air untuk bekerja, termasuk otak. Biasanya, ketika seseorang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, maka akan mengakibatkan hilangnya fokus, kurang konsentrasi, mudah lelah, dan mengantuk. Hal tersebut dikarenakan tubuh mengalami penurunan volume darah sehingga menyebabkan jantung dan organ tubuh lain bekerja lebih keras. Oleh karena itu meminum banyak air terutama saat beraktifitas sangatlah penting. Dengan banyak meminum air, akan membantu anda untuk lebih fokus, dan tidak mudah lelah sehingga tubuh dapat bekerja dengan baik.

  1. Mengeluarkan Racun.

Meminum banyak air terutama saat udara panas sangat dianjurkan, agar cairan yang keluar dari dalam tubuh bisa cepat tergantikan. Selain itu, meminum banyak air akan membantu meringankan kerja hati serta mengurai racun dalam tubuh. Air merupakan pembersih racun terbaik, hal ini dikarenakan air membantu membuang racun-racun di dalam tubuh melalui keringat dan urin. Air akan memecah dan melarutkan garam dan mineral yang ada pada urin, sehingga tidak menimbulkan penyakit batu ginjal. Dengan begitu racun dari dalam tubuh bisa keluar dengan mudah.

  1. Melancarkan Pencernaan.

Banyak meminum air putih sangatlah baik bagi pencernaan kita, air akan membantu tubuh mengolah makanan, membantu pencernaan bekerja dengan baik, melancarkan pergerakan usus dan mempermudah buang air besar. Air juga akan membantu meningkatkan fungsi saluran cerna dan mencegah konstipasi/sembelit. Kekurangan cairan tubuh akan berakibat sembelit atau susah buang air besar, karena usus menyerap air dari kotoran untuk berhidrasi, sehingga akan membuat kotoran menjadi keras dan susah keluar.

  1. Membantu serta Mendukung Fungsi Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting pada sistem tubuh. Ginjal sendiri memiliki fungsi membersihkan racun dari dalam tubuh, membantu mengontrol tekanan darah, serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh.  Meminum banyak air putih dapat membantu serta mendukung ginjal berfungsi dengan baik.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan.

Banyak penelitian yang telah menyatakan bahwa seseorang yang meminum air putih sebelum makan, berat badannya akan dapat berkurang lebih cepat dibandingkan mereka yang tidak meminum air putih. Hal ini dapat terjadi karena air membantu mengurangi nafsu makan, membuat perut menjadi kenyang serta membantu dalam pembakaran lemak dan mempercepat metabolisme tubuh. Sehingga banyak meminum air putih akan mengurangi kalori yang masuk dan membantu menurunkan berat badan.

  1. Mengobati Sakit Kepala dan Migrain.

Banyak dari kita sering sekali mengalami migrain dan sakit kepala biasanya langsung meredakannya dengan meminum obat. Namun, ada yang perluanda ketahui bahwa terkadang migran dan sakit kepala dapat ditimbulakan ioleh karena kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Beberapa studi telah menemukan bahwa dengan lebih banyak air yang diminum dapat membantu mengurangi durasi serta intensitas rasa sakit pada kepala.

Sekarang jangan lagi menganggap sepele air putih ya! Karena, dibalik kesederhanaannya ternyata banyak manfaat hebat yang dapat dirasakan bagi kesehatan tubuh kita.