FESTIVAl AKUSTIK

FESTIVAL AKUSTIK SE-JATENG DAN DIY RAMAIKAN HARTONO MALL SOLO

Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Sebelas Maret (HIMAFIS) menggelar Festival Akustik, pada tanggal 10 November 2017 di Atrium Hartono Mall Solo. Acara yang bertemakan Folksong Rejuvenation ini, diikuti oleh peserta tingkat SMA-sederajat se-Jawa Tengah dan DIY. Folksong rejuvenation sendiri merupakan peremajaan lagu-lagu daerah. Sehingga yang dikompetisikan dalam festival akustik ini adalah kekreativitas dari setiap peserta dalam mengaransemen lagu-lagu daerah menjadi lagu yang hits saat ini.

Festival akustik adalah puncak dari serangkaian kegiatan Fiesta Fisika yang diadakan oleh HIMAFIS UNS. Bertajuk The Struggle Across Dimensions, acara yang digelar diantaranya Picometer atau physics olympiad of Sebelas Maret University. Acara ini merupakan olimpiade fisika untuk siswa SMA sederajat se-Jawa Tengah dan DIY. Ada juga Piston Cup yaitu pertandingan futsal antar mahasiswa se Jawa Tengah dan DIY. Dan terakhir Seminar Nasional yang bertemakan Technopreneur Muda Dan Inovasi Teknologi Nasional Dalam Pasar Global. Seminar ini membahas tentang pengusaha yang berbinis dengan berbasis teknologi.

Selain kompetisi Akustik, acara ini juga memamerkan grup riset yang dimiliki oleh mahasiswa mahasiswi Fisika. Seperti Grup Riset Geofisika yang memamerkan beragam jenis bebatuan yang ada di bumi. Grup Riset Optik yang memamerkan teknologi yang berbasis sensor. Serta Grup Riset Robotik. Stand grup riset dari Himafis ini sekaligus mengenalkan pada masyarakat pengunjung Hartono Mall, bahwa fisika itu tidak melulu teori. Namun juga praktek yang terlihat menyenangkan.

Festival Akustik Folksong Rejuvenation merupakan kali kedua yang diadakan. Dengan adanya festival akustik ini, diharapkan bisa menjadi salah satu jalan untuk mengembangkan kreativitas. Dan juga bebas berekspresi dan berkreasi menemukan sesuatu yang baru. Peserta yang memenangkan kompetisi akustik ini adalah juara 1 Smada Akustik dari SMA N 2 Surakarta, juara 2 Feliz Band dari SMA N 1 Sragen, Juara 3 Smadakustik dari SMA N 2 Boyolali. Selain juara umum, ada pemenang nominasi untuk kategori video yang dikirim. Untuk pemenang video kategori band terharmonis diraih oleh Secret Band dari SMA N 1 Godean. Dan video dengab kategori band teraransemen diraih oleh Feliz Band dari SMA N 1 Sragen. Pemenang berhak mendapatka piala dekan F. MIPA UNS beserta uang tunai.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT