Cara Terbaik Memakai Foundation Untuk Kulit Berminyak Agar Tidak Cepat Luntur

Agar tidak cepat luntur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat memakai foundation untuk kulit berminyak terutama di siang hari. Banyak pemilik wajah berminyak yang bingung dengan masalah tata rias wajah yang cepat luntur meski baru menggunakan alat kosmetik selama beberapa jam saja. Salah satu penyebabnya karena teknik pemakaian beserta pemilihan foundation-nya kurang tepat.

Teknik pemakaian foundation

  1. Memanfaatkan Es Batu

Es batu adalah sarana paling efektif untuk membersihkan wajah terutama bagi para memilik wajah berminyak. Selain membuat kulit jadi semakin mudah dibersihkan, es batu juga dapat menjadikan foundation bisa menempel lebih lama di wajah.

Tidak itu saja, es batu memiliki kemampuan tinggi dalam mengencangkan pori-pori sekaligus meminimalkan produksi minyak oleh kelenjar sebum. Sehingga, foundation bisa terlihat lebih awet, cepat menempel dan bebas dari resiko luntur.

  1. Rutin Melakukan Deep Cleansing

Deep cleansing adalah suatu cara untuk membersihkan kulit muka hingga ke bagian pori-pori dan bagian paling bawah dari kulit. Jika hal ini dilakukan secara rutin, foundation bisa tahan lebih lama di kulit berminyak. Ketika melakukan kegiatan ini jangan lupa memakai hydrating toner untuk menghindari kekeringan dan kulit tetap dalam kondisi lembab.

  1. Menggunakan mattifying foundation

Ketika memakai foundation untuk kulit berminyak, pilih produk foundation yang bersifat matte dan dilengkapi dengan formula khusus untuk melembabkan kulit. Hasilnya nanti, kulit wajah tidak akan terlihat pecah-pecah.

Hal yang wajib dihindari oleh pemilik wajah berminyak adalah penggunaan foundation yang memunculkan hasil akhir shimmery, satin dan efek lain sehingga membuat penampilan wajah jadi semakin berkilau. Efek-efek semacam ini memunculkan suatu kesan, kulit wajah menjadi tampak semakin berminyak.

  1. Menggunakan Translucent Powder

Translucent powder juga menjadi teknik terbaik untuk membuat foundation lebih tahan lama. Saat memakai loose powder, hindari mineral powder karena mempunyai sifat memberi kilau pada kulit wajah. Lebih bagus menggunakan transcludent powder karena kosmetik ini lebih mampu menyerap minyak.

  1. Menyemprotkan Setting Spray

Setelah mengusapkan translucent powder, wajah langsung disemprot memakai setting spray sehingga foundation makin bertahan di wajah. Ada dua jenis setting spray yang dapat dipilih, yaitu yang bersifat dewy dan mattifying. Apabila ingin hasil yang lebih maksimal, pilih yang sifatnya mattifying.

  1. Teknik Aplikasi

Ada dua macam teknik aplikasi foundation yang dapat dilakukan. Pertama dengan memakai air dan yang kedua tidak memakai air. Jika menggunakan air, lakukan semprotan atau dengan sponge applicator yang dibasahi dengan sedikit air. Setelah itu foundation diratakan di wajah. Teknik kedua ini lebih mantap dipilih, khususnya pada siang hari.

Teknik Memilih Foundation

Satu hal terpenting yang perlu diperhatikan saat memilih foundation untuk kulit berminyak adalah jenisnya yaitu berbentuk bedak. Tujuannya agar minyak lebih mudah diserap. Namun jika ingin hasil riasan yang lebih tahan lama dan tidak mudah luntur, maka pilihan terbaiknya adalah yang bentuknya cair dan menggunakan bahan dasar dari air.

Apalagi untuk wanita remaja yang usianya masih berada dibawah 20 tahun, sebaiknya lebih mengutamakan foundation dengan tingkat efektifitas tinggi dalam mengatasi sebum. Untuk mereka yang usianya lebih dari 20 tahun biasanya kandungan minyak di kulitnya sudah mulai berkurang. Untuk itu, pilih foundation cair yang dilengkapi dengan pelembab.

Selain itu pilih foundation untuk kulit berminyak dengan warna yang sifatnya paling dekat dengan warna kulit agar hasilnya bisa terlihat lebih menyatu dan alami. Teknik pemilihannya dapat dilakukan dengan cara mengoleskan sedikit foundation pada leher atau wajah, bukan di kulit tangan.