Cara Sehat dan Aman Belanja Aneka Kebutuhan di Mall di Masa Pandemi

Di masa pandemi covid-19, banyak pusat perbelanjaan atau mall yang tetap buka dan beroperasi demi memenuhi kebutuhan masyarakat. Bagi kalian yang ingin pergi untuk belanja di tempat tersebut, harus jaga diri agar aman dan terhindar dari resiko tertular penyakit akibat terkena serangan virus corona.

Sebagai langkah awal, pilih mall yang rajin dan serius menerapkan protokol kesehatan. Misalnya Hartono Mall yang selama ini selalu taat menjalankan semua instruksi dari pemerintah khususnya lembaga atau dinas kesehatan.

Memastikan tubuh dalam kondisi sehat

Tubuh sehat merupakan sebuah syarat yang mutlak harus dipenuhi ketika kalian akan pergi ke mall dan pusat keramaian lainnya. Jika merasa batuk, flu atau demam, jangan nekad keluar rumah hingga kondisi tubuh kembali prima.

Kondisi tubuh yang tidak sehat akan mengakibatkan kalian lebih mudah tertular oleh penyakit. Bahkan sebaliknya, juga bisa menulari orang lain ketika bertatap muka atau berbincang-bincang dan bicara.

Cuci tangan sebelum masuk

Saat ini hampir semua mall selalu menyediakan fasilitas cuci tangan bagi pengunjung. Gunakan fasilitas ini sebelum masuk agar kebersihan tangan selalu terjaga. Selain itu, ketika ada petugas yang ingin memeriksa suhu tubuh, kalian tidak boleh menolak. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa kalian benar-benar sehat.

Menutup hidung dan mulut dengan masker

Penyakit corona sering menular melalui air liur atau droplet yang keluar dari hidung dan mulut. Karena itu ketika memasuki mall, gunakan masker untuk menutupi kedua organ tersebut. Jika perlu, bawa cadangan masker terutama jika kalian akan berada di mall dalam jangka waktu lama.

Bawa hand sanitizer

Selain memakai masker, jangan lupa membawa hand sanitizer sehingga lebih mudah membersihkan tangan ketika sudah berada di dalam mall. Apalagi setelah memegang suatu benda atau sehabis makan, hand sanitizer punya manfaat tinggi untuk mencegah penularan corona yang virusnya bisa menempel di tangan.

Menjaga jarak

Menjaga jarak antar pengunjung merupakan hal yang tidak boleh kalian lupakan. Pada umumnya, mall dilengkapi tanda khusus untuk menjalankan langkah ini. Misalnya di area kasir, food courd dan sebagainya. Ikuti aturan ini agar tidak terkena kontaminasi droplet atau cairan dari mulut dan hidung pengunjung lain.

Jangan mencoba pakaian yang dipajang

Ketika memilih pakaian, pasti kalian akan mencobanya lebih dulu untuk memastikan bahwa pakaian tersebut dapat pas di badan. Tapi dimasa pandemi covid-19, hal seperti ini harus dihindari. Virus corona bisa menempel di kain baju, meski hanya dikenakan selama satu atau dua menit saja di kamar pas.

Sistem pembayaran non tunai

Setelah selesai memilih barang dan berada di meja kasir, lakukan pembayaran secara non tunai dan ganti dengan aplikasi cashless. Sehingga kontak fisik dan kontak tangan dengan kasir bisa diminimalkan.

Kemudian setelah pulang ke rumah jangan lupa segera mandi dan keramas agar virus dan bakteri yang menempel di badan dapat dihilangkan.



LEAVE A COMMENT