Cara Pandai Memanfaatkan Uang THR, Bukan Untuk Pesta Lebaran Saja

THR merupakan hal yang paling ditunggu masyarakat Indonesia sebelum Lebaran. Terutama bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan. Baik sebagai karyawan di instansi pemerintah maupun swasta. Kemudian agar dapat memberikan manfaat yang lebih maksimal, sahabat Hartono Mall Solo pandai mengelolanya.

  1. Prioritas utama : merayakan hari raya lebaran

Sesuai nama lengkapnya, Tunjangan Hari Raya, pemberian THR memang sebaiknya digunakan untuk merayakan hari raya lebaran. Misalnya beli baju baru, menyiapkan hidangan lebaran, beli tiket mudik, memberi hadiah bagi saudara di kampung dan lain sebagainya.

Tapi meski prioritas utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan lebaran, sebaiknya tidak usah terlalu boros dan jangan berlebihan. Kemudian khusus untuk belanja aneka kebutuhan hari raya, sahabat Hartono Mall Solo pasti sudah tahu tempat terbaik untuk melaksanakan kegiatan ini.

  1. Membayar hutang dan menyiapkan dana darurat

Saat menerima THR, usahakan agar secepatnya melunasi hutang-hutang jika memiliki kewajiban tersebut. Tetapi jika tidak mempunyai hutang, jangan dihambur-hamburkan dan pakai untuk menyiapkan dana darurat.

Sahabat Hartono Mall Solo, kebutuhan mendadak itu dapat datang sewaktu-waktu dan besarnya dana atau anggaran yang harus disediakan tidak bisa diprediksi. Jadi simpan minimal 15% dari THR yang diterima untuk dialokasikan pada kebutuhan ini.

  1. Dana tabungan

Meski punya keinginan menabung, namun sahabat Hartono Mall pasti sering merasa kesulitan karena penghasilannya selalu habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Nah, ketika menerima THR, jadikan tunjangan ini sebagai penghasilan tambahan dan gunakan untuk menabung.

Menabung menjadi langkah terbaik untuk menyiapkan dan menghadapi masa depan yang kadangkalan penuh ketidakpastian. Besarnya tabungan ini dapat diambil sekitar 10% dari THR. Tapi jika bisa lebih dari 10% tentunya akan menjadi lebih baik.

  1. Dana investasi

Investasi adalah sebuah kegiatan yang sangat berbeda dengan menabung dan sahabat Hartono Mall Solo harus menyadari tentang hal ini. Jika menabung mempunyai tujuan utama menyimpan uang saja, maka investasi merupakan suatu kegiatan dengan tujuan yang lebih spesifik yaitu mendapatkan laba atau keuntungan.

Bahkan jika sudah berhasil berkembang dengan baik, investasi bisa dijadikan sebagai sumber baru penghasilan tambahan. Ketika menerima THR, besarnya dana yang dapat diinvestasikan juga sama, sekitar 10%.

  1. Berbagi dengan sesama

Terakhir apabila masih ada THR yang tersisa, jangan sungkan membagi kebahagiaan terutama dengan mereka yang sedang membutuhkan pertolongan. Kegiatan ini sedikit banyak bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia karena pandai bersyukur. Selain itu yang lebih penting, dapat mengurangi penderitaan orang lain.

Kemudian sebagai informasi tambahan, zakat merupakan suatu kewajiban yang harus dijalankan. Apalagi bagi sahabat Hartono Mall Solo yang beragama Islam pasti sangat memahami hal ini. Jadi jangan sampai lupa, waktu terakhirnya yaitu menjelang sholat Idul Fitri.



LEAVE A COMMENT