Cara Makan Sushi yang Benar Bagi Pemula

Bagi yang baru pertama kali ke restoran Jepang seperti Niagara Sushi yang ada di Hartono Mall Solo, pasti akan menemui salah satu menu yang dinamakan sushi. Pasti sudah banyak yang mendengarnya tetapi belum pernah merasakannya.

 

Kalau belum tahu sushi itu apa, sushi adalah makanan Jepang yang isinya berupa kombinasi nasi dan lauk (makanan laut), daging, sayuran mentah ataupun yang sudah dimasak. Nah sushi ini termasuk jenis makanan Jepang yang banyak disukai orang Indonesia, tentunya karena pakai nasi.

 

Akan tetapi tidak banyak juga yang merasa jijik, karena menggunakan daging atau ikan yang masih mentah.

 

Nah, kalau baru pertama kali mencoba, sebaiknya kenali dulu cara makan sushi yang benar. Ya mungkin cara makan sushi di restoran Indonesia dengan di Jepang agak berbeda, tetapi secara umum sama.

 

Sebelum tahu bagaimana cara makannya. Kita harus tahu dulu apa-apa saja yang ada di sushi. Jadi ketika nanti ingin memesan tidak malu atau bingung kalau ditanya pelayannya.

 

Yang pertama, Kenali Jenis Sushi

 

Sushi itu memiliki beberapa jenis diantaranya adalah :

 

– Maki. Kalau pernah lihat nasi yang digulung dan dilapisi nori (rumput laut), itu namanya Maki. Di dalamnya berisi nasi, daging ikan, dan sayuran.

 

– Nigiri. Kalau nigiri ini nasi yang bentuknya oval dan di atasnya ditaruh potongan tipis daging ikan atau bisa seafood lain.

 

– Sashimi. Kalau sashimi itu hanya daging ikan mentah saja tidak pakai nasi.

 

– Chirashi. Kalau yang atas disajikan dalam per potongan atau bijian, chirashi ini disajikan dalam mangkok yang isinya nasi dan ditaburi oleh daging ikan mentah.

 

Yang kedua, Kenali Bahan Pelengkap Makan Sushi

 

Jadi kalau makan sushi itu pasti akan ada bahan atau bumbu pelengkapnya. Biasanya akan disajikan dalam wadah-wadah kecil. Ini yang perlu diketahui supaya tidak salah ambil.

 

– Wasabi. Pasti sudah banyak yang tahu. Ciri khas wasabi adalah berwarna hijau, teksturnya halus, ya seperti itulah. Dan rasanya wasabi itu pedas. Bagi yang tidak terbiasa, biasanya akan kaget dengan rasanya. Tetapi yang perlu diketahui, wasabi ini punya manfaat untuk menghilangkan racun pada daging ikan yang mentah. Jadi bukan sekadar pelengkap atau bumbu saja.

 

– Gari. Kalau menemukan makanan berbentuk irisan berwarna merah muda dan teksturnya licin itu adalah Gari atau acar jahe. Rasanya sendiri manis dicampur pedas, pedasnya jahe. Seperti pada wasabi, gari ini juga memiliki manfaat, yakni mencegah keracunan dari ikan mentah dan menetralkan rasa setelah makan sushi.

 

– Shoyu. Ini merupakan kecap asin, biasanya di restoran Jepang akan memberikan dua macam shoyu, yakni yang cair dan kental. Yang cair ini memiliki rasa asin yang sangat, sedangkan yang kental rasanya cenderung manis.

 

– Shichimi. Kalau ini merupakan cabai bubuk kering. Tetapi komposisinya tidak 100% cabai, melainkan ada campuran kulit jeruk, bubuk jahe, bubuk nori, wijen, dll. Implementasi shichimi ini biasanya dicampur ke atas shoyu.

 

– Gobo. Mungkin tidak semua restoran Jepang menyediakan gobo. Tetapi gobo ini merupakan salad khas Jepang. Isinya berupa parutan lobak Jepang yang sudah direndam dalam cuka.

 

Itulah beberapa pelengkap makan sushi.

 

Lalu bagaimana cara makan sushi yang benar?

 

  1. Boleh pakai tangan atau sumpit

Makan sushi itu tidak harus pakai sumpit, kalau mau pakai tangan juga boleh. Tapi kalau sashimi ya jangan pakai tangan.

 

  1. Pakai sumpit dengan benar

Ada aturan tersendiri ketika pakai sumpit untuk makan sushi. Ini bukan aturan yang wajib, tetapi lebih ke etika cara penggunaannya. Beberapa diantaranya adalah jangan menusuk sushi dengan sumpit, gunakan bagian sumpit yang tidak terkena mulut untuk mengambil sushi. Gunakan sumpit untuk diri sendiri. Jangan menggosok-gosok sumpit.

 

  1. Cara menggunakan shoyu

Jika ingin menggunakan shoyu, pastikan melakukannya dengan benar. Kalau makannya nigiri, maka celupkan bagian dagingnya ke shoyu. Tujuannya agar nasi tidak tumbah ke shoyu. Dan cara makan nigiri ini daging ikan berada di bawah, bukan sebaliknya.

 

Jika makannya Maki, maka sebentar saja memasukkan ke shoyu dan cukup tipis saja mencelupkannya.

 

  1. Makan sushi dalam satu gigitan atau suapan

Makan sushi yang enak itu adalah satu gigitan atau satu suapan saja. Jadi misalnya makan Nigiri, ya satu nigiri itu langsung dilahap, tidak digigit sedikit demi sedikit.

 

Ini ada alasannya, yaitu agar tidak berceceran saat dimakan, dan agar nori tidak cepat lembek.

 

  1. Makan Gari untuk mengganti makanan

Gari itu salah satu manfaatnya adalah untuk menetralkan rasa dilidah. Jadi makan Gari saat ingin ganti makanan. Misalnya setelah makan Nigiri ingin makan Maki, maka setelah makan Nigiri bisa langsung makan Gari. Jangan dicampur makannya.

 

Nah itulah beberapa cara makan sushi yang benar. Selain makanan, biasanya juga ada minuman pendukungnya. Seperti sake atau greentea.

 

Kalau kamu makannya sushi (Maki & Nigiri), cocoknya minum greentea. Tapi jika makannya sashimi, maka cocoknya minum sake di sebelum dan sesudahnya.