Cara Cerdas Memilih Handuk Mandi dan Teknik Perawatannya

Handuk adalah perlengkapan mandi yang saat digunakan selalu bersentuhan langsung dengan semua anggota tubuh khususnya kulit. Karena itu ketika belanja kebutuhan ini terapkan cara-cara yang cerdas. Sehingga selain nyaman dipakai, juga bisa lebih awet dan tidak cepat rusak.

Bahan katun

Handuk yang baik adalah yang terbuat dari bahan katun karena terasa lembut dan bisa menyerap air secara lebih sempurna. Biasanya handuk ini dikasih label yang memuat informasi jika kandungan katunnya mencapai 100% sehingga sangat nyaman dipakai.

Kalian harus mengetahui, ada handuk yang juga terasa lembut ketika dipegang oleh tangan. Tetapi bahan katunnya tidak mencapai 100% dan hanya diberi pelembut kimia  dalam proses pembuatannya. Sehingga kelembutannya hanya dapat bertahan sebentar saja dan akan menjadi kasar setelah beberapa kali digunakan.

Ketebalan kain

Bukan hanya bahan saja, efektifitas handuk dalam menyerap air juga dipengaruhi oleh ketebalan kainnya. Coba kalian perhatikan dengan teliti bulu-bulu di handuk tersebut. Jika terlihat tebal dan tidak dapat terlihat dasarnya, bisa dipastikan punya kemampuan lebih tinggi untuk mengeringkan tubuh.

Kualitas jahitan

Jahitan menyusur di bagian samping adalah salah satu faktor yang membuat handuk bisa lebih awet dan tahan lama. Jadi saat memilih, harus kalian cek apakah jahitannya kuat dan tidak ada satupun benang jahitan yang terurai. Jika ada uraian benang, hal ini menandakan bahwa kualitas jahitannya buruk, termasuk benang yang dipakai.

Tips perawatan

Karena selalu digunakan setiap hari minimal dua kali, handuk sangat rentan terhadap resiko lembab. Apabila kalian tidak merawatnya dengan baik, pasti jadi sarang kuman dan bakteri sumber penyakit.

Agar terhindar dari resiko ini, segera keringkan atau diangin-anginkan setelah dipakai. Adapun tempat pengeringan terbaiknya adalah yang dapat terkena pancaran matahari secara langsung, namun tidak boleh terlalu panas. Panas sinar matahari akan membuat serat handuk jadi mudah kaku dan rusak.

Kemudian setelah dipakai hingga beberapa kali, kalian harus mencucinya minimal 2 atau 3 hari sekali. Bahkan jika kalian mandi lebih dari 2 kali sehari, sebaiknya dicuci setelah 3 atau 4 kali digunakan.

Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika mencuci handuk, tidak boleh memakai mesin cuci dan cukup direndam dalam air hangat saja. Setelah direndam kurang lebih  20 menit, kalian bisa menguceknya dan membilasnya dengan air dingin hingga bersih. Baru sesudah itu dapat dimasukan dalam mesin pengering.

Selanjutnya bila alat untuk mengeringkan tubuh tersebut mulai kehilangan daya serap airnya, kalian harus segera mengganti dengan yang baru. Apalagi jika bulunya sudah ada yang menipis, pergantian tidak boleh ditunda lagi.

Saat memang sangat mudah bagi kalian untuk mencari handuk baru. Tetapi jika ingin mempunyai handuk dengan mutu terbaik sebagaimana yang disebutkan di atas, maka pilihan paling bijaksananya adalah belanja di Hartono Mall.



LEAVE A COMMENT