Cara Cerdas Memakai Baju Batik Untuk Acara Non Formal dan Santai

Busana batik sering diidentikan dengan suasana resmi atau formal. Tetapi bagi kalian yang ingin bersantai atau akan menghadiri acara yang sifatnya non formal, batik tetap bisa dijadikan pilihan. Melalui beberapa trik khusus, kalian tetap dapat menghadirkan nuansa casual dan tidak kaku di hadapan orang lain.

Bahan, model dan warna

Bahan yang digunakan untuk membuat baju batik memiliki pengaruh besar terhadap suasana dan penampilan. Pilih batik dari katun, jangan yang dibuat dari sutera karena bahan ini lebih cocok dipakai di acara resmi.

Khusus untuk yang laki-laki, sebaiknya menggunakan batik yang terlihat fit di badan. Batik yang ukurannya besar apalagi yang lengannya panjang kurang tepat dikenakan di acara santai.

Lalu untuk modelnya, kalian harus bisa memilih yang gayanya modern dan berlengan pendek. Selain itu pilih pula yang kerahnya tidak terlalu keras dan akan menjadi lebih bagus lagi apabila tidak dilengkapi kerah. Demikian pula dengan coraknya, utamakan yang sederhana saja dan maksimal terdiri dari dua macam warna.

Baju batik warna pastel dan cerah sangat tepat kalian kenakan, Warna ini tidak hanya bisa memunculkan nuansa santai saja, namun juga membuat penampilan terlihat lebih muda. Jangan mengenakan batik warna gelap seperti biru tua dan cokelat tua karena justru kesan formal yang akan muncul.

Batik untuk bawahan

Selain dijadikan busana atas, batik juga cocok dipakai sebagai bawahan. Agar suasana santai bisa muncul, untuk perempuan dapat memilih model kulot atau rok. Sedangkan laki-laki bentuknya berupa celana pendek atau celana panjang tanpa resleting.

Untuk atasannya kalian boleh memilih baju santai atau kaos polos, kemudian lengkapi dengan syal atau scarf batik. Perlengkapan busana ini sangat pas untuk menghadirkan nuansa chic terhadap penampilan outfif.

Harus selalu diingat, setelah memakai atasan batik, sebaiknya bawahannya tidak usah memakai batik lagi. Demikian pula sebaliknya, untuk menjaga agar penampilan tidak memunculkan kesan terlalu ramai.

Jika ingin memunculkan karakter batik yang lebih kuat, cukup melengkapinya dengan tas batik saja. Selain itu kalian juga dapat memakai aksesoris untuk menyempurnakan penampilan. Misalnya gelang, anting dan kalung atau bandana batik.

Terakhir untuk alas kaki, agar terlihat santai pakai model sneaker untuk laki-laki dan flat shoes model chick bagi perempuan. Semua perlengkapan busana ini dapat kalian dapatkan di gerai-gerai Hartono Mall Solo.



LEAVE A COMMENT