Budayakan Membaca Untuk Anak Sedari Dini

Budaya membaca di Indonesia masih tergolong rendah. Hal itu berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Central Connecticut State University di tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dalam literasi dunia. Menyedihkan bukan? Untuk itu simak tips berikut untuk menumbuhkan budaya gemar membaca khususnya pada anak.

  1. Baca Buku di Depan Anak

Orang tua merupakan orang pertama yang akan ditiru anak-anaknya. Ketika orang tua membaca buku di depan anak, tentu si anak juga punya keinginan melakukan hal yang sama seperti  yang dilakukan orang tuanya. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi budaya yang akan diikutui anak untuk membaca sebuah buku hingga mereka besar nanti.

  1. Bacakan Sebuah Cerita

Ketika anak masih dibawah umur dan belum dapat membaca, biasakan untuk membacakan sebuah cerita. Hal tersebut akan mempengaruhi ingatan dan keinginan anak untuk dapat membaca buku yang telah diceritakan kepadanya.

  1. Siapkan Tempat Nyaman Untuk Membaca

Ketika anak sudah dapat membaca, siapkan tempat yang nyaman untuk mereka membaca. Tempat yang nyaman akan membuat mereka betah untuk membaca. Sediakan saja sofa empuk atau karpet lembut agar mereka nyaman ketika membaca.

  1. Ajak Anak Belanja Buku

Berikan reward ketika anak telah selesai membaca sebuah buku. Salah satunya dengan mengajak mereka untuk berbelanja buku di toko buku. Beri kebebasan pada anak untuk memilih buku yang diinginkan, tentunya juga dengan pengawasan orang tua dalam pemilihan buku tersebut.

Bukan perkara susah untuk mengajak dan membiasakan anak untuk membaca. Budaya membaca harus ditanam sedini mungkin agar tercipta generasi yang sadar akan pentingnya literasi. Untuk itu segera kunjungi bookstore yang terdapat di Hartono Mall Solo Baru untuk menambah koleksi buku anda.



LEAVE A COMMENT