Beberapa Cara Tradisional Untuk Meredakan Sakit Gigi

Sakit gigi adalah salah satu gangguan mulut berupa nyeri pada sekitar  gigi dan rahang akibat kerusakan yang disebabkan oleh berbagai hal. Gejalanya bermacam-macam seperti muncul rasa nyeri, ngilu, bengkak, sakit kepala, bahkan hingga demam. Berbagai faktor penyebab sakit gigi diantaranya gigi tumbuh, karies gigi atau gigi berlubang, gingivitis atau peradangan gusi akibat infeksi pada gigi, keretakan gigi dan lain sebagainya. Saat sakit gigi biasanya membuat penderita sangat terganggu aktivitasnya. Berikut adalah beberapa cara alami dan tradisional untuk mengatasi sakit gigi.

Garam

Caranya campur setengah sendok makan garam dengan segelas air hangat. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur. Cara ini dapat membantu mengurangi pembengkakan sekaligus melawan bakteri penyebab infeksi.

Minyak Cengkeh

Untuk meredakan sakit akibat gigi berlubang dapat menggunakan minyak cengkeh. Caranya tetesi  kapas yang digulung kecil atau cotton bud dengan minyak cengkeh lalu tempelkan ke gigi yang berlubang. Diamkan sebentar lalu angkat.

Daun Sirih

Rebus daun sirih dan gunakan air rebusannya untuk berkumur. Selain untuk mengurangi rasa sakit pada gigi, dapat juga mengurangi bau mulut karena daun sirih mengandung anti bakteri.

Daun Jambu Biji

Kandungan antibacterial yang tinggi menjadikan daun jambu biji berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya tumbuk daun jambu biji 9 lembar dan tempelkan pada gigi berlubang selama 30 menit. Lalu berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

Bawang Putih

Untuk mengobati sakit gigi, caranya haluskan satu siung bawang putih yang sudah dicuci dan dikupas lalu tempelkan pada gigi yang berlubang atau gusi yang bengkak.

Bawang Merah

Bawang merah memiliki sifat antiseptic dan antimikroba yang dapat mengontrol sakit gigi. Caranya kunyah bawang merah mentah selama beberapa menit sampai rasa sakit pada gigi hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga cukup ampuh untuk mengobati gigi yang sakit atau gusi yang bengkak. Caranya dengan berkumur menggunakan campuran air hangat dengan perasan jeruk nipis. Jangan sampai air tertelan karena mengandung banyak bakteri. Lakukan secara teratur pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Lada/Merica

Lada/merica mengandung senyawa anti peradangan yang cukup tinggi. Caranya buat pasta yang terbuat dari campuran lada bubuk dengan garam dan air hangat. Tempelkan pasta tadi ke area gigi berlubang selama 30 menit. Setelah selesai, berkumurlah dengan air hangat sampai bersih.

Itulah tadi beberapa bahan dan cara tradisional untuk meredakan sakit gigi. Meskipun demikian alangkah baiknya kita harus memperhatikan kesehatan gigi kita dengan rajin merawat dan membersihkan gigi. Serta setiap 6 bulan sekali periksa ke dokter gigi. Jika hal-hal diatas tidak mengurangi rasa sakit pada gigi, segeralah kunjungi dokter gigi untuk penanganan lebih lanjut.