BASMI BAU KAKI DENGAN CAMPURAN BAHAN ALAMI

Bau kaki dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Pasti sangat malu rasanya, saat membuka sepatu, bau kurang sedap merebak. Penyebab bau kaki sendiri, bisa disebabkan karena kaki yang berkeringat dan lembap bercampur dengan bakteri, sehingga menimbulkan bau menyengat/karena kaus kaki maupun sepatu yang jarang dibersihkan. Tapi, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah yang satu ini, tanpa harus menggunakan bahan kimia. Beberapa bahan alami ini di bawah ini, selain mudah didapat, harganya pun tidak menguras kantong!

  1. Garam.

Garam dapur memang sudah lama dikenal memiliki khasiat yang bagus untuk menghilangkan bakteri, membunuh kuman, mengeringkan luka, menyembuhkan infeksi yang diakibatkan oleh jamur yang bersarang di kaki, melancarkan sirkulasi darah, mengatasi kaki kering dan pecah-pecah sekaligus dapat digunakan sebagai terapi relaksasi. Caranya sangat mudah, hanya dengan mencampur air hangat dengan garam secukupnya, lalu rendam kaki selama 20 menit. Sikat kaki dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, lalu bilas dan keringkan.

  1. Baking Soda.

Soda kue yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran kue ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk membersihkan kotoran, kuman dan bakteri. Butiran halusnya juga bisa dijadikan scrub alami yang mengangkat sel kulit mati. Hanya dengan cara mencuci kaki dengan campuran air dan baking soda, maka dapat mengurangi kadar keringat dan membunuh kuman pada kaki. Kemudian, anda juga dapat merendam kaki dengan campuran air hangat dan baking soda secukupnya, gosok sesekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengusir kutu air & jamur.

  1. Lemon.

Buah lemon memiliki kandungan mineral dan vitamin C, mampu memberikan rangsangan bagi kesehatan kulit agar tetap mulus dan sehat, termasuk juga bagi kulit kaki. Air perasan lemon, dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kaki sebagai penyebab bau kurang sedap. Caranya, siapkan 2 buah lemon, peras, lalu campurkan dengan air hangat dan juga masukkan sisa potongan lemon yang telah diperas tadi. Rendam kaki anda dalam campuran air dan perasan lemon tersebut selama 15-20 menit. Gosok-gosok telapak kaki dengan irisan lemon hingga bersih, lalu bilas dan keringkan. Lakukan ritual ini sesering mungkin agara mendapatkan hasil yang diinginkan.

  1. Teh

Kandungan asam/tanin yang terdapat dalam teh memiliki khasiat yang ampuh untuk menyempitkan pori-pori kulit. Sehingga, dapat mengurangi keringat pada kaki. Selain itu, teh juga berfungsi sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri di kaki, serta aromanya yang dapat membuat tubuh menjadi rileks. Untuk mengurangi bau kurang sedap di kaki, rendam kaki ke dalam air rendaman teh hangat selama 15-20 menit sambil menyikat kaki secara lembut, bilas dan keringkan.

  1. Cuka.

Tingginya zat anti bakteri dan anti jamur dalam cuka, membuat bahan dapur yang satu ini bisa dimanfaatkan sebagai rendaman kaki. Cuka dinilai mampu menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi bakteri untuk berkembang biak. Sehingga bakteri-bakteri akan hilang dan kaki pun terhindar dari bau kurang sedap yang menyengat. Hanya dengan merendam kaki dengan larutan cuka dan air hangat selama kurang lebih 20 menit untuk mengurangi bakteri-bakteri penyebab bau tak sedap di kaki. Gosok-gosok kaki dengan sikat yang lembut sambil dipijat-pijat. Lalu bilas dan keringkan.

Beberapa tips diatas dapat anda lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal untuk mengurangi bau tak sedap pada kaki anda. Walaupun begitu anda juga harus tetap selalu menjaga kebersihan kaus kaki dan sepatu, yang menjadi salah satu faktor munculnya kuman dan bakteri penyebab bau kaki. Selamat mencoba!



LEAVE A COMMENT