Film-Kartini-

BANGKITKAN SEMANGAT NASIONALISME DENGAN MENONTON 5 FILM INI

Suasana khas kemerdekaan udah mulai terasa ya, HM Holic. Kemerdekaan erat kaitannya dengan upacara bendera, lomba-lomba dan acara televisi yang dipenuhi dengan semarak kemerdekaan. Selain itu, hal yang gak bisa lepas dari hari kemerdekaan adalah pemutaran film-film bertemakan Nasionalisme. Nah! kali ini, kita akan kasih 5 rekomendasi film, yang bisa kamu tonton untuk lebih membangkitkan semangat Nasionalisme!

Kartini.

1

Film yang baru saja rilis 19 April 2017 lalu ini, disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film Kartini, mengangkat cerita perjuangan R.A. Kartini dan saudara-saudaranya untuk menaikkan derajat kaum perempuan. Jasa-jasa R.A. Kartini digambarkan dengan apik oleh Hanung. Ada yang menarik dari film ini, HM Holic. Kalau biasanya, Kartini digambarkan sebagai sosok wanita jawa yang anggun dan lemah lembut. Tapi, film ini justru menceritakan sisi lain Kartini yang usil dan agak tomboy.

Battle of Surabaya.

2

Battle of Surabaya adalah film animasi 2D pertama karya anak bangsa. Film karya MSV picture ini di produksi di Yogyakarta, dan dirilis tanggal 20 Agustus 2015. Battle of Surabaya menceritakan perjuangan Musa dalam peristiwa serangan umum 10 November di Surabaya. Musa adalah seorang anak penyemir sepatu, yang mendapat tugas mulia menjadi kurir surat rahasia kepada para pejuang kemerdekaan. Film Nasionalis ini, bahkan mendapat beberapa penghargaan Internasional, dalam ajang Intenational Movie Trailer Festival (IMTF) 2013, INAICTA 2012, dan Indigo Fellowship PT. Telkom Indonesia 2012.

Guru Bangsa : Tjokroaminoto.

3

Sutradara senior Garin Nugroho, memang tak habis-habis membuat film berkualitas. Salah satu film bertema nasionalisme karyanya, berjudul Guru Bangsa : Tjokroaminoto. Film yang dirilis pada 9 April 2015 ini, sempat menyabet perhargaan sebagai Film Terpuji dalam Festival Film Bandung tahun 2015. Film ini mengisahkan perjuangan Tjokroaminoto menyetarakan hak dan martabat bangsa pada awal tahun 1900. Perjuangannya mendirikan Sarekat Islam menjadi benih lahirnya tokoh-tokoh nasionalis dan gerakan kebangsaan.

Soekarno.

4

Siapa sih yang gak tau fim Soekarno? Film Soekarno sempat menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini, mengangkat kisah perjalanan hidup bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dari kecil hingga dewasa. Selain menceritakan perjuangan Soekarno merebut kemerdekaan, kisah didalam keluargnya pun ikut diceritakan didalam film ini. Film yang dirilis 11 Desember 2013 ini menjadi tontonan menarik untuk mengenang kembali detik-detik Proklamasi Indonesia Merdeka.

Trilogi Merdeka.

5 6 7

Trilogi merdeka terdiri dari film Merah Putih (2009), Darah Garuda (2010) dan Hati Merdeka (2011). Film karya sutradara Yadi Sugandi ini, berhasil meraih berbagai penghargaan Internasional. Selain itu, trilogi merdeka sempat memecahkan rekor box office didalam Negeri bahkan di Mancanegara. Tak tanggung-tanggung, tim ahli yang berpengalaman dalam pembuatan film Hollywood di tarik untuk mengerjakan trilogi film ini. Trilogi Merdeka, menceritakan perjuangan 5 tokoh dengan latar belakang suku dan agama yang berbeda untuk merebut kemerdekaan. Kamu akan dibawa kedalam cerita dengan nuansa nasionalis yanga sangat kental namun penuh luka dan kesedihan.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterPrint this pageEmail this to someonePin on Pinterest


LEAVE A COMMENT