BAGAIMANA CARA MEMBERSIHKAN APLIKASI AKUN TAK TERPAKAI

Di dunia digital ini, terlalu mudah untuk membuat akun lalu ditinggalkan, seperti: uji coba gratis yang tidak pernah ditindak lanjuti, layanan streaming, dan sebagainya. Dalam beberapa hal, akun lama ini tidak membahayakan selain mengumpulkan debu virtual atau mengirimimu email sesekali. Tetapi, beda halnya jika kamu memiliki terlalu banyak akun yang tidak aktif karena dapat menyebabkan masalah bagi sistem keamanan. Bayangkan jika virus menghinggapi akunmu atau peretas datang.
Tidak hanya detail pribadi seperti alamat email atau bahkan alamat rumah yang bisa diekspos, tapi pelaku kejahatanpun bisa memanfaatkan akunmu.
Semakin banyak akun tidak terpakai yang kamu buat, semakin banyak target kejahatan yang terjadi. Oleh karena itu, matikan akun yang sudah tidak kamu gunakan.
Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut yuk!
1. Lacak Akun
Lihat di history ponselmu, seberapa banyak akun yang kamu ingat? Kalau kamu benar-benar lupa, coba check email mu, semuanya! Email mana saja yang kamu gunakan.
Selanjutnya, buka akun Facebook, Twitter, dan Google-mu dan check apa saja yang telah terhubung dengan aplikasi tersebut, mungkin melalui tombol “masuk dengan Facebook”, misalnya.
Memutuskan sambungan aplikasi dan layanan pihak ketiga dari Facebook, Twitter, dan Google biasanya hanya mengambil satu atau dua klik dari halaman yang baru saja ditautkan, tetapi ingatlah bahwa ini tidak akan benar-benar menutup akun yang tidak kamu digunakan.
Terakhir, lihatlah di dalam program apa pun yang telah kamu gunakan untuk mengelola kata sandi dan login, apakah itu pengelola kata sandi khusus atau hanya peramban web.
2. Matikan
Gunakanlah browser web di desktop jika memungkinkan agar lebih aman.
Jika kamu lupa kredensial login untuk situs dan layanan tertentu, gunakanlah opsi setel ulang sandi atau hubungi call center langsung. Memang merepotkan, tapi demi kemanan.
Beberapa layanan akan menawarkan menghapus akun lamamu secara otomatis, biasanya dengan mencari kotak masuk atau akun media sosialmu.
Nah, sebenarnya mudah kan untuk dilakukan? Yuk tutup akun tak terpakaimu demi keamanan.