Ayo Lakukan, Langkah Ini Bisa Membuat Penggunaan Plastik Jadi Berkurang

Salah satu produk yang paling sering dianggap sebagai sumber masalah pencemaran lingkungan adalah produk dari bahan plastik. Karena itu penggunaannya harus dapat dikurangi semaksimal mungkin. Melalui beberapa langkah jitu, sahabat Hartono Mall Solo bisa ikut berperan menjalankan program tersebut. .

Memulai dari diri sendiri

Sebagai langkah awal, lakukan pengurangan penggunaan plastik dari diri sendiri. Jika sebelumnya langsung dibuang setelah tidak dipakai lagi, mulai saat ini coba mendaur ulang dan pakai plastik tersebut sebagai bahan untuk membuat produk baru. Misalnya tas, mainan anak-anak dan barang kerajinan lainnya.

Mengajak teman

Tidak bisa dipungkiri, saat ini makin banyak orang yang sudah sadar bahaya sampah plastik. Meski demikian sahabat Hartono Mall Solo juga harus mau mengakui bahwa masih sedikit sekali yang bersedia melakukan usaha mengurangi penggunaan plastik. Untuk itu tak ada salahnya mengajak teman sendiri agar tidak terlalu sering memakai produk dari plastik.

Langkah ini memang tidak mudah dijalankan. Tetapi jika bisa memberi contoh secara nyata dan langsung, kemungkinan besar mereka tidak akan segan mengikuti langkah tersebut.

Merawat barang reusable

Ada beberapa jenis produk dari plastik yang memiliki sifat reusable sehingga sahabat Hartono Mall Solo bisa memakainya lagi lebih dari satu kali. Misalnya totebag, botol minuman, gelas, piring, peralatan makan dan sebagainya Alangkah baiknya setelah digunakan, barang tersebut tidak dibuang namun dicuci dan dibersihkan lagi agar bisa dipakai kembali di lain waktu.

Memakai tas belanja milik sendiri

Saat belanja, sebaiknya menyiapkan tas sendiri untuk menaruh barang belanjaan. Hal ini sedikit banyak bisa membuat penggunaan produk plastik jadi berkurang. Sebagian besar pasar atau pusat perbelanjaan lainnya selalu memakai tas plastik untuk melayani pembeli.

Sementara itu di Hartono Mall Solo sendiri, sudah ada beberapa tenant yang tidak lagi menyediakan tas plastik bagi pelanggannya. Tindakan ini adalah sebuah langkah yang sangat tepat dan pantas ditiru oleh siapa saja untuk mengurangi sampah plastik.

Memakai wadah makan sendiri saat membeli makanan

Ketika membeli makakan, baik itu di warteg maupun restoran untuk dibawa pulang ke rumah, pengelolanya sering memakai tas atau bungkus dari plastik. Agar hal ini dapat dihindari, gunakan wadah makan milik sendiri. Apalagi untuk makanan berkuah, pada umumnya memakai bungkus plastik dalam jumlah yang lebih banyak.

Minum tanpa sedotan

Terakhir, Banyak hasil penelitian yang menunjukan jika sedotan merupakan penghasil sampah terbesar di seluruh dunia. Langkah terbaik untuk menguranginya adalah saat sedang makan entah itu di rumah sendiri atau restoran, jangan menggunakannya lagi.

Mungkin bagi ada sebagian sahabat Hartono Mall Solo yang berpendapat jika minum tanpa memakai sedotan itu terasa kurang nyaman di mulut. Terutama untuk minuman dingin seperti es teh atau es jeruk. Tapi apabila sudah sering mencobanya, pasti akan menjadi terbiasa.



LEAVE A COMMENT