Awas Jangan Sampai Keliru !, Begini Cara Memilih Sepatu Kulit yang Asli

Sepatu kulit merupakan salah satu bagian dari kebutuhan fashion dan dapat membuat penampilan terlihat lebih elegan. Tetapi sebelum memutuskan membeli, kalian harus tahu lebih dulu cara memilihnya. Sehingga Kalian bisa mendapatkan sepatu kulit yang benar-benar asli bukan yang palsu atau imitasi.

Jenis-jenis sepatu kulit

Kulit untuk pembuatan sepatu terdiri dari beberapa jenis dan yang pertama dinamakan finish leather atau full grain. Pembuatannya dilakukan secara utuh sehingga tidak ada bagian yang dirubah atau dimodifikasi. Selain itu tampilannya terlihat jelas dan alami.

Kemudian ada pull up leather, merupakan sepatu kulit yang menggunakan bahan dari finish leather yang diproses. Sepatu ini biasanya terlihat lebih tipis dengan model atau desain yang sangat beragam.

Jenis berikutnya aitu suede, adalah sepatu yang kulitnya dibalik atau bagian dalam dijadikan sebagai permukaan. Tekturnya lembut dan gaya desainnya selalu membuat  kalian terlihat casual. Sedangkan nubuck leather, tampilannya mirip dengan suede tapi memiliki ketahanan yang lebih kuat.

Lanjut jenis terakhir, dinamakan patent leather atau brush off. Sepatu yang dibuat dari bahan ini selalu terlihat mengkilap, licin dan berwarna terang. Selain itu juga mudah dibersihkan namun sifat alami kulitnya tidak terlalu kentara.

Tulisan di label produk

Ketika berada di toko sepatu dan ingin belanja sepatu kulit, teliti labelnya. Jika bahan yang dipakai adalah kulit asli, label tersebut selalu dilengkapi tulisan khusus misalnya ‘genuine leather’. Tapi apabila yang tertulis adalah ‘synthetic leather’ atau ‘man made leater’ bisa dipastikan bahannya merupakan kulit buatan atau imitasi alias sintetis.

Aroma

Berikutnya, coba kalian rasakan aromanya. Sepatu dari kulit asli selalu mempunyai aroma yang sangat khas, beda dengan kulit palsu atau imitasi. Aroma khas ini adalah hasil dari proses tanning atau penyamaan dan pewarnaan. Perlu kalian pahami juga, aroma tersebut juga punya karakter sama dengan aroma hewan yang diambil kulitnya.

Tekstur



LEAVE A COMMENT