Alasan Novel Dilan Digandrungi Anak Muda

Novel seri Dilan memang digandrungi oleh berbagai masyarakat di Indonesia, terutama kalangan anak muda. Novel karangan Pidi Baiq ini mulai dikenal di masyarakat pada tahun 2014 dengan mengusung judul novel pertamanya Dia Adalah Dilanku Tahun 1990. Disini Pidi Baiq mengemas novel ini dengan gaya cerita yang tak biasa dan jenis percintaan yang unik dalam  dua karakter utama Dilan dan Milea.

Ternyata novel Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 mendapat respon postif dari masyarakat. Pada tahun 2015, Pidi Baiq menuliskan sekuelnya dengan judul Dia Adalah Dilanku Tahun 1991. Berbeda dengan buku pertamanya, novel sekuel ini berhasil membuat pembacanya patah hati.

Pidi Baiq yang disapa Surayah ini kembali menerbitkan novel ketiganya dengan judul  Milea Suara Dari Dilan di tahun 2016 lalu. Sama halnya dengan novel pertama dan kedua, Milea Suara Dari Dilan juga cukup laris di pasaran bahkan mencatat rekor penjualan hingga 500.000 eksemplar. Tentunya novel Dilan ini telah ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Kira-kira kenapa ya novel Dilan ini laris manis dan diburu oleh penggemarnya? Simak ulasan berikut :

Romansa Anak SMA yang Nggak Biasa

Masa SMA emang lekat banget sama cerita-cerita romansa dong. Uniknya dalam novel Dilan, romansa anak SMA tahun 90-an ini dibalut dengan cara yang berbeda dengan sensasi humor dan agak nyeleneh. Di novel ini jarang menemui kisah yang menye-menye, yang ada keseruan hubungan Milea dan Dilan yang kadang bikin pembacanya tergelitik bahkan baper. Seperti cuplikan dibawah ini

“..jangan rindu.”

“Kenapa?” kutanya

“Berat,” jawab Dilan. “Kau gak akan kuat. Biar aku saja,”

Bahasanya Enak Dibaca

Bahasa yang digunakan dalam novel ini cukup mudah dimengerti cenderung lugas dan simpel. Bahasanya tidak terlalu deskriptif ataupun mendayu-dayu seperti halnya novel lain. Saking bahasanya enak dibaca, novel Dilan ini bisa bikin para pembacanya addicted lho!

Banyak Makna

Yup! Di novel ini banyak banget makna secara tersurat dan tersirat. Seperti pada tokoh Dilan yang jadi sosok yang cukup inspiratif. Mulai dari perihal percintaan hingga persoalan pandangan hidup. Bahkan di novel ini juga mengajarkan untuk menjaga dan mempertahankan hubungan yang telah dibangun.

Referensi Mendapatkan Hati Wanita

Mungkin ini agak nyeleneh, tapi tingkah Dilan yang mendekati Milea dengan cara yang nggak biasa terbukti ampuh lho! Jadi, nggak ada salahnya menambah koleksi novel Dilan di lemari buku lho.

Nah, itu tadi ulasan-ulasan tentang alasan novel Dilan digandrungi anak muda dan laris manis di pasaran. Kalau kamu kepo tentang cerita lengkapnya, kamu bisa dapetin seri novel Dilan di Gramedia lantai 1 Hartono Mall Solo. Happy Reading!