6 Manfaat Terapi Pijat

1. Membuat nyaman

“Sebagian besar orang memiliki tekanan pada postur tubuh,” kata Aaron Tanason, ahli terapi pijat terdaftar, ahli kinesiologi dan pemilik Paleolife Massage Therapy di Toronto. “Lebih sering [tekanan itu] cenderung terwujud di bahu dan leher.” Biasanya para pekerja yang biasa duduk di depan komputer dalam waktu yang lama. Bukan hanya di bahu dan leher tetapi juga pada punggung bagian bawah.

2. Meredakan nyeri otot

Otot kalian sakit? Terapi pijat dapat membantu. Pijat dapat meningkatkan sirkulasi. Sebuah studi 2011 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, menemukan manfaat terapi pijat sama efektifnya dengan metode pengobatan lain untuk sakit punggung kronis.

3. Menenangkan kecemasan dan depresi

“Sentuhan manusia, dalam konteks yang aman, ramah, dan profesional, dapat menjadi terapi dan relaksasi yang luar biasa,” kata Tanason. Wanita yang didiagnosis dengan kanker payudara yang menerima terapi pijat tiga kali seminggu dapat mengurangi depresi dan rasa marah, menurut sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam International Journal of Neuroscience.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Pijatan akan membuat tidur kalian nyenyak. “Pijat membuat relaks dan tidur pada mereka yang menjalani kemo atau terapi radiasi,” kata Lisa Marie de Miranda, terapis pijat terdaftar dan ahli kinesiologi di Paleolife Massage Therapy. Juga, pijatan membantu bayi tidur lebih banyak, jarang menangis dan mengurangi stres, menurut penelitian dari University of Warwick.

5. Meningkatkan kekebalan

Sebuah studi 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Alternative dan Complementary Medicinefound menemukan bahwa pijatan meningkatkan jumlah sel darah putih pasien, yang memainkan peran besar dalam mempertahankan tubuh dari penyakit. Selain itu, itu juga “meningkatkan fungsi kekebalan tubuh untuk orang dengan HIV,” kata de Miranda.

6. Mengurangi sakit kepala

Lain kali ketika sakit kepala menyerang, cobalah pijat bagian yang sakit. “Pijat mengurangi frekuensi dan keparahan sakit kepala karena tegang,” kata de Miranda. Penelitian dari Universitas Granada di Spanyol menemukan bahwa satu sesi terapi pijat segera mempengaruhi rasa sakit yang dirasakan pada pasien dengan sakit kepala tegang kronis. Selanjutnya, pelajari pengobatan rumah alami terbaik untuk sakit kepala.