5 MENU TAKJIL UNIK DARI BERBAGAI DAERAH

Takjil merupakan salah satu makanan yang dicari banyak orang. Terutama, saat bulan Ramadan. Tapi tahukah kamu? Ternyata, di setiap daerah mempunyai menu takjil yang unik lho. Ini dia 5 menu takjil unik dari berbagai daerah :

  1. Kolak Biji Salak.

Kolak biji salak adalah jenis sajian unik yang berasal dari Jawa Barat. Tapi, jangan salah! Menu kolak yang satu ini bukan terbuat dari biji salak sungguhan. Tetapi, terbuat dari adonan tepung yang di campur dengan ubi jalar. Biasanya, kolak biji salak ini disajikan dengan santan kelapa & ditambah dengan es.

  1. Bongko Kopyor.

Jajanan tradisional yang berasal dari Gresik ini biasanya banyak dijual saat bulan Ramadan. Kuliner unik ini terdiri dari tepung terigu, serutan daging kelapa muda, pisang, nangka, dan roti tawar. Aromanya yang sedap dengan hiasan daun pandan di atasnya, membuat kuliner ini menjadi salah satu sajian favorit untuk disantap.

  1. Es Selendang Mayang.

Es selendang mayang adalah salah satu kuliner khas betawi yang unik. Mengapa unik? Karena, es yang satu ini terdiri dari berbagai warna yang menarik yang berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tepung hunkwe. Disajikan dengan sirup manis berbahan gula pasir dengan tambahan santan dan aroma pandan serta susu sebagai penambah cita rasa.

  1. Es Pisang Ijo.

Es pisang ijo adalah menu takjil khas Makassar yang sekarang sangat mudah ditemukan di berbagai daerah. Es ini terdiri dari pisang yang di balut dengan adonan tepung berwarna hijau, pewarna dari daun suji. Dicampur dengan jenang mutiara dan sumsum serta santan yang menjadi pelengkap sajian ini.

  1. Es Gempol Pleret

Sajian khas Solo ini bakalan bikin nagih. minuman dari gempol pleret, terdiri dari santan, dan gula cair. Kata gempol berarti adonan dari tepung beras yang dibentuk menyerupai bentuk bundar, dan dikukus. Gempol disiram dengan santan dan gula, dan biasanya disantap dengan es.



LEAVE A COMMENT