4 Novel Best Seller Indonesia yang Sukses Diangkat Jadi Film

Ternyata, beberapa novel Indonesia telah menjadi inspirasi di dunia perfilman. Novel-novel tersebut sukses mengantarkan layar lebar Indonesia semakin bersinar dari tahun ke tahun. Seperti contoh novel-novel best seller di bawah ini yang sukses diangkat menjadi film.

Laskar Pelangi

Siapa yang tak kenal dengan Ikal si bocah Belitung? Pastinya kalian kenal si bocah ini melalui film fenomenal Laskar Pelangi. Film ini terinspirasi dari novel karya Andrea Hirata dengan judul yang sama. Novel Laskar Pelangi merupakan novel pertama yang ditulis oleh Andrea Hirata yang diterbitkan pada tahun 2005 silam. Novel ini dikemas dengan bahasa yang sederhana dan terdapat unsur Melayu. Di novel ini pula si pengarang mengeksplor lebih jauh tentang Belitung. So, nggak heran setelah novel ini di filmkan, Belitung jadi ramai wisatawan! Fyi, dari tahun ke tahun buku sastra ini tak pernah usang, malahan diterbitkan di belahan bumi yang lain dalam berbagai bahasa.

Negeri 5 Menara

Novel bertema pendidikan ini juga sukses diangkat menjadi film. Berkisah lima orang pemuda pesantren yang mewujudkan cita-citanya menjadi orang besar. Tentunya banyak rintangan dan halangan yang mereka temui.  Seperti halnya novel Laskar Pelangi, novel ini dinilai masuk ke dalam novel motivasi.

5 cm

Film 5 cm yang menebarkan virus naik gunung ini ternyata diangkat dari novel karangan novelis muda, Dhonny Dirghantoro. Secara garis besar novel ini menceritakan mengenai persahabatan Arial, Zafran, Genta, Riani dan Ian selama 7 tahun. Sang penulis juga menyisipkan ide nasionalisme pada saat mereka mendaki gunung Semeru. Novel 5 cm ini juga jadi jajaran buku best seller lho!

Ayat-Ayat Cinta

Novel ini mengisahkan tentang pemuda yang bernama Fahri yang sedang menuntut ilmu ke Cairo, Mesir. Secara garis besar sang penulis Habiburrahman El Shirazi menitik beratkan fokusnya pada cinta segitiga Fahri, Aisha dan Maria dalam koridor Islami. Ternyata novel kang Abik ini sukses diangkat menjadi film dengan judul yang sama pada tahun 2008.

Itu tadi beberapa novel best seller yang sukses diangkat menjadi film. Kalau kamu kepo sama novelnya, langsung aja mampir ke Gramedia di lantai 1 Hartono Mall Solo. Selain novel-novel diatas masih banyak novel best seller yang tersedia di Gramedia Hartono Mall Solo. Happy Reading!



RELATED POSTS